Pasar “selalu peduli akan Hak Asasi Manusia” (SepaHAM)

Pasar sepaHAM

merupakan kreasi insan muda di Yogyakarta yang peduli terhadap perjuangan hak asasi manusia (HAM). Konsep “pasar” sengaja diusung karena pasar bukan hanya pusat kegiatan ekonomi, tetapi juga ruang terbuka di mana semua kalangan dapat bertemu, bertukar cerita, sembari membangun empati lintas kelompok dan lintas generasi.

Di Pasar sepaHAM, pengunjung dapat bertemu dan berbagi cerita tentang kisah-kisah perjuangan berbagai kelompok yang termarjinalkan dalam mengupayakan pemenuhan hak-nya sebagai manusia dan warga negara, mulai dari penyintas kekerasan masa lalu, kelompok difabel, kelompok minoritas agama dan penghayat, kelompok minoritas gender, hingga anak-anak penyintas kekerasan.

Di pasar ini pula, HAM akan dikampayekan dengan cara-cara inovatif yang
menyenangkan dan memberdayakan agar tumbuh kesadaran di antara semua pihak yang terlibat bahwa masih ada banyak pekerjaan rumah terkait pengakuan, pemenuhan, dan perlindungan HAM di Indonesia yang perlu diselesaikan secara kolektif demi Indonesia yang lebih adil, damai, dan nirkekerasan di masa depan.

Pasar sepaHAM juga diadakan sebagai ajang pengumpulan
dana (fundraising) untuk mendukung inisiatif-inisiatif yang berkaitan dengan pemenuhan hak asasi kelompok yang termarjinalkan di Yogyakarta.

Tahun 2019, Pasar sepaHAM diadakan untuk menggalang dana bagi program “Jaga-Jaga” yang dikelola oleh 
Kiprah Perempuan (Kipper). Program “Jaga-Jaga” memberikan dukungan bagi para penyintas kekerasan masa lalu yang semakin menua dari hari ke hari. Terbatasnya akses terhadap layanan kesehatan khusus untuk lansia membuat banyak penyintas sulit memenuhi kebutuhannya di kala sakit atau kondisi darurat.

Sebagai dana sosial, program “Jaga-Jaga” akan dikelola oleh Kipper secara transparan, di mana dana yang tekrumpul akan didistribusikan kepada lansia penyintas kekerasan masa lalu di Yogyakarta yang sedang membutuhkan layanan kesehatan khusus lansia maupun layanan darurat lainnya. Dengan demikian, Program “Jaga-Jaga” harapannya mampu memberi kontribusi bagi pemenuhan hak sosisal penyintas yang harus tetap dijamin hingga mereka tutup usia.

Pasar sepaHAM

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Share on linkedin

Tertarik mendukung program Jaga-Jaga?

Sebagai dana sosial, program “Jaga-Jaga” akan dikelola oleh Kipper secara transparan, di mana dana yang terkumpul akan didistribusikan kepada lansia penyintas kekerasan masa lalu di Yogyakarta yang sedang membutuhkan layanan kesehatan khusus lansia maupun layanan darurat lainnya. Dengan demikian, Program “Jaga-Jaga” harapannya mampu memberi kontribusi bagi pemenuhan hak sosial penyintas yang harus tetap dijamin hingga mereka tutup usia.